A. Terminologi Kewirausahaan
(Intrapreneurship)
Beberapa tahun belakangan ini topik
intrapreneurship semakin popular. Dari sekian banyak masih ada kekeliruan dalam
memahami konsep yang mendasari intrapreneurship tersebut. Kebanyakan definisi
yang ada menyebutkan bahwa intrapreneurship tidak lepas dari
aktivitas-aktivitas entrepreneurial yang sesuai dengan persetujuan organisasi
dan komitmen sumber daya untuk tujuan inovatif.
Pada dasarnya pokok tujuan intrapreneurship adalah mengembangkan semangat entrepreneurial dalam ikatan organisasi, sekaligus menciptakan iklim guna tercapainya kesejahteraan.
Intrapreneur
Seorang entrepreneur di dalam sebuah organisasi yang telah ada. Biasanya dilakukan karena organisasi tersebut telah tumbuh besar dan kurang fleksibel.
Pada dasarnya pokok tujuan intrapreneurship adalah mengembangkan semangat entrepreneurial dalam ikatan organisasi, sekaligus menciptakan iklim guna tercapainya kesejahteraan.
Intrapreneur
Seorang entrepreneur di dalam sebuah organisasi yang telah ada. Biasanya dilakukan karena organisasi tersebut telah tumbuh besar dan kurang fleksibel.
Intrapreneurship
Kebiasaan mengembangkan bisnis baru di dalam struktur organisasi yang ada (Stoner, 1995).
Kebiasaan mengembangkan bisnis baru di dalam struktur organisasi yang ada (Stoner, 1995).
Entrepreneur
Orang yang berusaha mendirikan usaha
baru/organisasi baru.
B. Kebutuhan Akan Sifat Kewirausahaan
Dalam Organisasi
Banyak perusahaan menyadari akan
pentingnya sifat kewirausahaan dalam organisasinya (Peter dan Waterman
dalam bukunya A Passion of Excellence).
Kebutuhan akan kewirausahaan semakin meningkat dikarenakan
munculnya permasalahan seperti :
- Semakin banyak pesaing yang mempunyai keunggulan
- Ketidakpercayaan akan metode-metode tradisional dalam manajemen
- Banyak SDM berpotensi hengkang dan lebih memilih menjadi wirausaha
C. Hambatan-Hambatan Yang Terjadi
Hambatan-hambatan yang biasanya
dialami oleh perusahaan adalah tidak efektifnya penerapan teknik tradisional
manajemen pada pengembangan suatu bidang baru. Pemahaman tentang
hambatan-hambatan tersebut merupakan hal yang penting dalam membantu perkembangan
kewirausahaan perusahaan mengingat hal tersebut merupakan kunci dasar
penumbuhan iklim inovasi.
Faktor-faktor yang mendukung utuk
tercapainya keberhasilan inovasi-inovasi menurut
James
Brian Quinn
(1995) adalah :
- Iklim inovasi dan visi
- Orientasi pasar
- Organisasi yang tetap datar dan kecil
- Proses belajar interaktif
D. Elemen-Elemen Spesifik Strategi
Intrapreneurial Korporat
Dalam upaya untuk menciptakan
strategi intrapreneurial, perusahaan harus memperhatikan
pertimbangan-pertimbangan berikut ini :
- Perusahaan yang mempromosikan pertumbuhan pegawai akan dapat merekrut orang-orang yang memiliki kemampuan terbaik.
- Tantangan di era tahun 2000-an ini adalah pelatihan kembali para manajer untuk menjadi guru, pelatih dan mentor.
- Orang-orang dengan kemampuan terbaiknya mencari perusahaan terbaik yang menyediakan program bonus.
- Wewenang manajemen akan degantikan oleh suatu jaringan, dicirikan oleh koordinasi dan dukungan horizontal.
- Intrapreneurship dalam korporasi memperbolehkan seorang pegawai.
- Mendapatkan kepuasan dari pengembangan ide-idenya tanpa resiko meninggalkan perusahaan.
- Perusahaan-perusahaan besar mengambil pelajaran dari bisnis kecil dan belajar bagaimana bisa fleksibel, mendorong inovasi, serta membakar semangat pegawainya.
Menurut John W. Alexander (1989) untuk mendukung
strategi intrapreneurial ini, ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan
:
- Penngembangan visi
- Dorongan inovasi
- Penstrukturan suatu iklim intrapreneurial
- Pengembangan tim usaha
Ada satu cara bagi perusahaan untuk
mengembangkan iklim intrapreneurial, yakni melalui program Intrapreneurship
Training Program (ITP). Program tersebut dirancang untuk melatih para peserta
untuk mendukung intrapreneurship dalam lingkup pekerjaan masing-masing. Program
ini mencakup :
- Pengenalan
- Kreativitas individu
- Intrapreneuring
- Penilaian budaya yang ada saat ini
- Perencanaan bisnis
- Perencanaan tindakan
E. Penghapusan Mitos Tentang
Intrapreneurial
Ada kesamaan mendasar antara entrepreneur dengan intrapreneur.
Akibatnya mitosmitos keliru tentang entrepreneur menulari
juga intrapreneur.
- Mitos : motivasi utama dari seorang entrepreneur (intrapreneur) adalah keinginan untuk kemakmuran, karenanya uang adalah tujuan utama.
- Kenyataan : motivasi utama dari entrepreneur (intrapreneur) adalah proses inovasi : kebebasan dan kemampuan adalah motivasi utama, uang hanya sebuah alat dan symbol kesuksesan.
- Mitos : entrepreneur adalah pengambil resiko tinggi – mereka adalah penjudi yang memainkan taruhan besar.
- Kenyataan : wirausaha adalah seorang yang realistis dengan mengambil resiko menengah. Karena ia memperhitungkan resiko yang dihadapi
Melindung Gagasan dari Hasil
Kreativitas dan Inovasi
Ketika seorang pengusaha mendapatkan
gagasan inovasi untuk produk atau jasa yang memiliki potensi pasar, dengan
segera mereka harus melindunginya dari penggunaan yang tidak sah.Perlindungan
produk-produk perusahaan sangat penting untuk menghindari usaha-usaha peniruan
dan duplikasi yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Pengusaha harus memahami cara
mendapatkan hak paten, merk dagang dan hak cipta yang biasa disebut dengan Hak
Kekayaan Intelektual (HAKI) yaitu hak eksklusif yang di berikan oleh negara
kepada seseorang atau sekelompok orang untuk memegang monopoli dalam mengunakan
dan mendapatkan manfaat ekonomi dari kekayaan intelektual.
TIGERED DEALING SMOKED SHOOT DEALED DUSTIN
BalasHapusTIGERED DEALING SMOKED SHOOT DEALED DEALING SMOKED DEALING ford escape titanium 2021 SMOKED titanium 200 welder DEALING SMOKED DEALING TIGERED DEALING SMOKED titanium gr 5 DEALING SMOKED does titanium have nickel in it DEALING SMOKED DEALING microtouch trimmer