Selasa, 27 November 2012

TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPETITIF

      Lingkungan suatu perusahaan terdiri dari delapan elemen. Elemen-elemen tersebut menggambarkan suatu organisasi atau perseorangan, serta mencakup para pemasok, pelanggan, serikat buruh,masyarakat keuangan, pememgang saham atau pemilik, pesaing, pemerintah, dan masyarakat global. Elemen-elemen tersebut membentuk supersistem yang lebih besar disebut masyarakat.
Suatu perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dengan memproduksi suatu marjin yang lebih besar daripada pesaingnya dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang komputer keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasaran. Para manajer dapat mencapai keunggulan kompetitif tambahan dengan mengaitkan rantai nilai mereka dengan rantai nilai pemasok, para anggota saluran distribusi dan pelanggan untuk membentuk suatu sistem nilai.
Jenis-jenis sumber daya informasi :
1.Perangkat keras komputer
2.Perangkat lunak komputer
3.Spesialis informasi
4.Pemakai
5.Fasilitas
6.Database
7.Informasi
Perencanaan jangka panjang juga disebut perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan posisi yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi-strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Saat sebuah perusahaan mengorganisasikan para eksekutifnya ke dalam suatu komite eksekutif kelompok inilah yang pasti memikul tanggung jawab perencanaan strategis untuk seluruh perusahaan. Komite ini umumnya menjadwalkan suatu pertemuan perencanaan yang mendiskusikan gagasan mengenai apa yang ingin dicapai perusahaan selama tahun yang akan datang.
Manajemen sumber daya informasi atau RIM adalah aktivitas yang dijalankan oleh manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, mengelola sumber daya informasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai.
Elemen-elemen IRM yang diperlukan :
1.   Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul.
2.   Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama.
3.   Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak.
4.   Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis.
Model IRM :
1.   Lingkungan perusahaan
2.   Eksekutif perusahaan
3.   Area bisnis
4.   Sumber daya informasi
5.   Pemakai





Tidak ada komentar:

Posting Komentar