Lingkungan
suatu perusahaan terdiri dari delapan elemen. Elemen-elemen tersebut
menggambarkan suatu organisasi atau perseorangan, serta mencakup para pemasok,
pelanggan, serikat buruh,masyarakat keuangan, pememgang saham atau pemilik,
pesaing, pemerintah, dan masyarakat global. Elemen-elemen tersebut membentuk
supersistem yang lebih besar disebut masyarakat.
Suatu perusahaan dapat mencapai keunggulan
kompetitif dengan memproduksi suatu marjin yang lebih besar daripada pesaingnya
dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang komputer
keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan
leverage di pasaran. Para manajer dapat mencapai keunggulan kompetitif tambahan
dengan mengaitkan rantai nilai mereka dengan rantai nilai pemasok, para anggota
saluran distribusi dan pelanggan untuk membentuk suatu sistem nilai.
Jenis-jenis sumber daya informasi :
1.Perangkat keras komputer
2.Perangkat lunak komputer
3.Spesialis informasi
4.Pemakai
5.Fasilitas
6.Database
7.Informasi
Perencanaan
jangka panjang juga disebut perencanaan strategis karena mengidentifikasi
tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan posisi yang paling menguntungkan
dalam lingkungannya, serta menentukan strategi-strategi untuk mencapai
tujuan-tujuan tersebut.
Saat sebuah
perusahaan mengorganisasikan para eksekutifnya ke dalam suatu komite eksekutif
kelompok inilah yang pasti memikul tanggung jawab perencanaan strategis untuk
seluruh perusahaan. Komite ini umumnya menjadwalkan suatu pertemuan perencanaan
yang mendiskusikan gagasan mengenai apa yang ingin dicapai perusahaan selama
tahun yang akan datang.
Manajemen sumber
daya informasi atau RIM adalah aktivitas yang dijalankan oleh manajer pada
semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh,
mengelola sumber daya informasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan
pemakai.
Elemen-elemen IRM yang diperlukan :
1. Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif
dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul.
2. Kesadaran bahwa jasa informasi adalah
suatu area fungsional utama.
3. Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif
puncak.
4. Perhatian pada sumber daya informasi
perusahaan saat membuat perencanaan strategis.
Model IRM :
1. Lingkungan perusahaan
2. Eksekutif perusahaan
3. Area bisnis
4. Sumber daya informasi
5. Pemakai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar